Info Lengkap Seputar CPNS Kemhan 2021

0
239
cpns kemhan 2021

Assalamualaikum wr wb untuk rekan-rekan yang sedang membaca tulisan ini, salam sehat untuk kita semua.

Di tahun ini meskipun kita semua sedang menghadapi masa pandemi, pemerintah secara resmi membuka pendaftaran CPNS atau CASN. Untuk yang tertarik menjadi CPNS dan khusus nya CPNS Kemhan. Disini ijinkan saya membantu rekan-rekan merangkum informasi seputar CPNS Kemhan 2021.

Untuk yang belum kenal, perkenalkan saya Irfan Hikmatiar PNS Kemhan angkatan 2017. Angkatan 2017 merupakan angkatan pertama di Kemhan yang masuk melalui sistem yang dilakukan secara terintegrasi di BKN.

Dari tahun 2017 sampai 2020 sistem penerimaan CPNS dasarnya masih sama, kecuali penjadwalan untuk tiap sub tes nya dikarenakanan saat ini sedang masa pandemi. Bagi yang belum tahu, boleh baca pengalaman saya selama mengikuti tes CPNS Kemhan disini.

KLIK –>Inilah Pengalaman Saya Tes CPNS 2017 Dari Awal Sampai Lulus

Apa itu PNS Kemhan

PNS Kemhan merupakan PNS Pemerintah Pusat yang berkedudukan di Kementerian Pertahanan. PNS Kemhan merupakan PNS yang bukan saja berkedudukan di Kementerian Pertahanan tetapi seluruh PNS yang juga ada di setiap Unit Organisasi (UO).

UO terdiri dari UO Kemhan, UO Mabes TNI, UO TNI AD, UO TNI AL, UO TNI AU. Jadi semua PNS yang bekerja di bawah UO tersebut merupakan PNS Kemhan, Dibawah pembinaan Biro Pegawai Kemhan.

Pendaftaran CPNS Kemhan 2021

cpns kemhan 2021

Di tahun 2021 Kemhan membuka sebanyak 1456 formasi CPNS. Mulai dari lulusan SMA, S1, S2 sampai jenjang S3.

Dari jumlah formasi tersebut akan ditempatkan diberbagai unit organisasi (UO) kemhan baik di UO Kemhan, UO Mabes TNI, UO TNI – AD, UO TNI – AL, hingga UO TNI – AU. Urutan penerimaannya seperti ini:

Syarat CPNS Kemhan 2021

  1. Pengumuman penerimaan
  2. Pendaftaran website (https://sscasn.bkn.go.id/)
  3. Pengumuman seleksi administrasi
  4. Cetak nomor ujian secara online
  5. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  6. Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)
  7. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  8. Integrasi Nilai SKD dan SKB
  9. Pengumuman kelulusan akhir secara online
  10. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus

Berdasarkan pengalaman proses awal sampai akhir bisa jadi selesai di akhir tahun 2021 atau awal tahun depan. Jadi harap bersabar ya dengan prosesnya.

Kemudian buat anda yang terbentur pekerjaan pada saat tes, anda harus memilih salah satu, pekerjaan atau tes CPNS. Kalau nanti peluangnya lebih besar untuk lulus silahkan prioritaskan tes. Kalo tidak ya terserah pertimbangan anda.

Pastikan untuk terus mengupdate informasi dari kanal resmi kemhan maupun sosial media nya.

Kurang lebih segini dulu tulisan saya, tulisan ini akan saya update terus seiring berjalannya waktu. Jadi boleh di bookmark dulu mana tau mau cari update info lagi.

FAQ

  • Apakah Surat lamaran boleh di kertas folio bergaris atau kertas polos?
    • Boleh di kertas bergaris supaya rapih, yang penting di tulis tangan.
  • Untuk lokasi tes nya dimana?
    • Sesuai pilihan masing-masing saat mendaftar
  • Akreditasi apakah pada kelulusan atau saat mendaftar?
    • Pada tahun kelulusan atau ijazah di keluarkan. Minimal akreditasi cpns kemhan 2021 adalah B
  • Apakah seleksi CPNS Kemhan terdapat tes Toefl?
    • Tidak ada
  • Surat keterangan sehat dan SKCK kapan di kumpulkan?
    • Nanti setelah SKD

AKHIR KATA

Bagi rekan-rekan yang berencana untuk mendaftar di Kemhan, jangan pernah tergiur apabila ada orang yang mengaku bisa memasukan lewat jalur belakang apalagi dengan membayar sejumlah uang. Hal tersebut tidak mungkin karena penerimaan CPNS merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai instansi.

Oh iya silahkan kalau mau ada yang bertanya bisa lewat kolom komentar di bawah ya. Insya allah saya jawab selama pertanyaan tersebut tidak ada jawaban nya di Google. Nanti kalo pertanyaan nya sudah banyak saya bikin halaman FAQ sendiri.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here