Otospector Jasa Cek Mobil Bekas – Review

0
74
Otospector

Review Otospector, jasa cek inspeksi mobil bekas. Hallo para pembaca yang budiman, sebagai calon pembeli kendaraan mobil bekas tentu salah satu yang dikhawatirkan adalah kondisi dari mobil tersebut bukan? apakah bekas banjir, bekas tabrak dan apakah kendaraan tersebut layak untuk di beli.

Untuk mengetahui hal tersebut tentu akan mudah apabila kita memiliki kemampuan teknis dan paham seputar kondisi kendaraan, namun seperti saya dan anda yang sedang membaca tulisan ini, awam akan hal tersebut. So pasti dibutuhkan pihak ke tiga yang dapat membantu memecahkan masalah tersebut.

Catatan : Tulisan ini merupakan opini pribadi penulis. Penulis tidak disponsori oleh pihak manapun

Awal tahu otospector

Pertama kali tahu tentang jasa ini pada saat saya liat video nya Ridwan Hanif di Youtube. Dari video tersebut saya terkesan dengan jasa ini karena terlihat profesional, berbeda dengan jasa montir biasa. Dalam pandangan saya, montir biasa umumnya hanya ahli tentang dunia mesin, sedangkan aspek lain seperti jok, dashboard, cat kendaraan, kondisi ban dan lainnya mungkin tidak terlalu ahli. Selain itu saya juga tidak punya kenalan montir yang bisa saya percaya. Oleh karena itu adanya jasa ini menjadi solusi untuk permasalahan saya di atas.

Pendaftaran

Tampilan WEB Otospector

Setelah tahu tentang jasa ini, saya pun googling dan menemukan alamat Website nya. Disitu tertulis lengkap mengenai detail layanan jasa Otospector, seperti item apa yang di cek di kendaraan, cara pendaftaran, profile perusahaan dll. Selain itu layanan ini pun dikelola oleh sebuah PT yang sah secara hukum. Sehinga menambah keyakinan saya terhadap jasa ini.

Sebelum mendaftar pastikan sudah ada target mobil second nya ya, bisa dari OLX, dealer mobil bekas, kenalan dll.

Kemudian untuk melakukan pendaftaran, terdapat formulir book inspeksi di Website. Calon pelanggan diminta untuk mengisi data diri dan detail mobil apa yang akan di cek. Kemudian tentukan lokasi dan waktu pengecekannya.

Setelah mengisi data, dalam 1×24 jam akan ada admin yang menghubungi kita untuk melakukan konfirmasi. Nah untuk jadwal cek kendaraan, ini perlu cocok waktunya antara 3 pihak yang terlibat (kita, otospector dan orang yang mobil nya akan di cek).

Kalau sudah cocok waktunya, nanti akan di booking jadwal dan diminta untuk melakukan transfer biaya ke rekening nya otospector.

Pengecekan kendaraan

Pada saat hari H pengecekan kendaraan, nanti akan ada petugas lapangan yang akan melakukan pengecekan yang mengontak WA kita. Menurut info, petugas ini sudah terbagi berdasarkan area nya, ada yang di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Tangerang dll.

Petugas tersebut akan melakukan konfirmasi terkait jam dan lokasi pengecekan di hari yang sudah kita sepakati bertiga. Hal yang perlu di perhatikan juga adalah disarankan pada saat pengecekan kita ikut datang ke lokasi bersama petugas otospector nya. Karena apabila petugas tidak datang bersama calon pembelinya sendiri terkadang pemilik mobil menjadi tidak terbuka terhadap keadaan mobilnya, misalnya menolak untuk di lihat dokumen mobilnya.

Hal ini bisa di pahami karena kalau dilihat dari sudut pandang pemilik mobil, rasa-rasanya seperti tidak meyakinkan jika hanya didatangi oleh petugas saja.

Proses pengecekan

Pengecekan kendaraan dimulai dengan melihat body kendaraan, yang saya apresiasi dari proses ini adalah, petugas nya menggunakan alat untuk menentukan ketebalan cat body, sehingga bisa di lihat apakah body mobil pernah dilakukan pengecatan ulang atau tidak.

proses pemeriksaan kendaraan
Proses Pemeriksaan Kendaraan

Pada pengecekan ban juga petugas menggunakan alat untuk mengukur ketebalan ban. Kemudian ada pengecekan kelistrikan, dan juga yang paling penting pengecekan isi kap mesin untuk melihat sejauh mana kondisi mesin dan mobil, apakah pernah terkena banjir dan tabrakan.

test drive kendaraan
Proses test drive

Selain itu dilakukan juga proses pengecekan banyak hal lainnya serta test drive mobil.

Hasil pengecekan

Hasil pengecekan secara singkat dapat diketahui secara langsung, disampaikan oleh petugasnya. Dan untuk detail hasil pengecekan akan di laporkan melalui rapot dalam bentuk PDF yang akan dikirimkan lewat email keesokan harinya.

Berikut contoh laporannya :

contoh laporan 1

Garansi

Pada saat saya jadi membeli mobil yang di cek oleh Otospector, nanti akan ada email untuk mengklaim garansi. Garansi ini adalah garansi yang menjamin hasil pengecekan sesuai dengan rapot yang dikirim. Garansi dalam bentuk jaminan mesin selama 30 hari.

Kesimpulan Otospector

Atas hasil review Otospector saya memutuskan untuk membeli mobil impian saya tanpa rasa khawatir. Secara pribadi saya sangat puas dengan layanan Otospector, harga nya murah, layanan nya profesional dan juga ada garansinya. Sejauh ini saya belum melihat kekurangannya, hanya saja mungkin bisa di perbanyak petugas lapangan nya sehingga apabila di akhir pekan calon konsumen memiliki slot booking yang lebih banyak.

Terima kasih bagi pembaca yang sudah membaca tulisan ini sampai akhir, apabila ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar di bawah.

Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here