Kuntum FarmField, Wisata Alam Ramah Anak

0
42
memberi makan sapi di kuntum farmfield

Pada Jumat 21 Agustus 2020 lalu, kami sekeluarga mengunjungi salah satu tempat wisata yang terlihat menarik di Traveloka karena tempat ini menawarkan wisata alam yang ramah untuk anak. Cuss kami memutuskan berangkat kesana.

Terletak di wilayah Bogor yang sejuk, pada awalnya kami berfikir akan menghadapi kemacetan karena terletak di wilayah puncak. Namun ternyata Kuntum Farm Field terletak di wilayah tajur sehingga tidak terkena efek pengaturan 1 lajur lalu lintas di puncak.

Parkiran

Pada saat memasuki area parkir lokasi, terlihat lokasi parkir cukup memadai untuk mobil maupun motor dan saya rasa masih bisa juga untuk parkir beberapa bis. Namun sayangnya parkiran mobil masih berupa jalan berbatu bukan beraspal. Sebetulnya tidak masalah, hanya saja jadinya parkiran jadi mudah sekali berdebu.

Tiket masuk

Dengan tiket masuk Rp50.000 kami merasa biaya ini tidak murah tetapi tidak mahal juga, ya sedang-sedang saja. Untuk harga anak tetap sama harga nya dengan dewasa. Dengan membeli 3 tiket, kami mendapat 3 tiket gratis yang bisa di tukar dengan pakan hewan.

Aktivitas

Berdasarkan informasi dari web resmi nya dan pengalaman yang kami rasakan, berikut adalah aktifitas-aktifitas yang dapat dilakukan di sini :

  • Berinteraksi Dengan Ternak

Dapat berinteraksi langsung dengan kelinci, marmut, ayam, sapi dan hewan ternak lainnya yang lucu dan mengemaskan.

  • Berkuda

Kegiatan berkuda bisa membantu melatih keseimbangan motorik anak, melatih otot & persendian badan. Melatih kepekaan & perasaan dengan hewan yang dinaikinya.

  • Panen Sayur Organik

Manfaat dari kegiatan ini adalah supaya anak-anak bisa mengenal dan mengetahui manfaat & baiknya bagi tubuh kita, agar anak mau untuk mengkonsumsi sayur mayur. Dan dengan pemahaman Sayuran dengan penanaman secara organik, yang sangat baik untuk kesehatan kita.

  • Melukis Caping Dan Bakul

Kegiatan ini untuk melatih meningkatkan kreatifitas, memori, kemampuan pemecahan masalah, melepaskan stress, peningkatan kecerdasan, meningkatkan kepekaan, mobilitas anak lebih baik. Dan untuk anak di bawah usia 5 tahun sangat baik dalam indera penglihatan dalam pengenalan war

  • Games Tangkap Ikan

Kegiatan Tangkap Ikan ini sangat digemari dan disukai oleh anak-anak dan sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan Otak anak, karena bagus untuk melatih motorik dan refleks anak.

  • Kerbau Albino

Di Kuntum Farmfield, kalian dapat melihat kerbau yang langka yang biasanya hanya dapat ditemui di Tanah Toraja, Kerbau Albino! Yuk sama-sama melihat Kerbau Albino di Kuntum Farmfield.

Kesan-Kesan

Kesan Pertama memasuki area lokasi, kami melihat tempat jualan souvenir sebelum masuk ke area kolam ikan. Di area kolam ikan terdapat banyak sekali ikan hias di banyak kolam. Ikan nya besar-besar, sehat, cukup mencuri perhatian pengunjung yang baru datang.

Pada saat perjalanan di lanjutkan akan ada kandang kambing/domba serta kandang kelinci yang di penuhi anak-anak. Disini terdapat aktifitas memberi makan kelinci dengan wortel dan memberi makan kambing dengan rumput-rumput.

Tidak jauh dari situ ada kandang sapi berisi sapi yang besar-besar yang siap diberi makan. Melanjutkan perjalanan lebih dalam lagi, kami melihat ada kandang bebek maupun angsa. Selain itu ada juga kandang ayam serta peternakan ayam petelur.

Ke tempat yang lebih jauh lagi, disini terlihat pemandangan gunung yang terhampar luas. Ada juga area pertanian dimana terdapat aktifitas menanam tanaman seperti sayur. Dan terakhir di area yang paling ujung, ada pacuan kuda dimana anak-anak maupun orang dewasa bisa berkuda disitu.

Semua aktifitas dan pemandangan yang kami lihat tidak membuat kami bosan, justru kami merasa pikiran kami segar karena hal ini tidak ada di wilayah ibukota.

Kesimpulan

Berwisata di Kuntum Farm Field membuat kami merasa benar-benar seperti berada di peternakan. Apalagi dengan aktifitas memberi makan, berkuda, bertani, dll ini memberikan pengalaman baru bagi anak kami akan aktifitas peternakan, sangat edukatif. Tempatnya rapih, tertata dan hewannya sehat-sehat.

Tempat ini sangat cocok bagi warga kota metropolitan yang sehari-hari berada di hutan beton perkotaan yang ingin berwisata bersama anak-anak.

Info Detail Kuntum Farmfield

  • Tiket masuk per Agustus 2020
    • Senin-Jumat : Rp50.000
    • Libur/Akhir Pekan : Rp60.000
    • Tiket Parkir Mobil : Rp5.000
  • Harga paketĀ 
    • Paket TK/PAUD
    • Paket SD
  • Jam Operasional : 08.00 – 18.00 WIB
  • No. Telepon: 087720781000
  • Alamat : Jl. Raya Tajur No.291, Sindangrasa,,Bogor Timur,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16145.
  • Location

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here