Ketahui Semua Hal Tentang CPNS Disini

2
95
APA ITU CPNS

Saat tulisan ini dibuat, pemerintah sedang melaksanakan seleksi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018. Jutaan orang berbondong-bondong untuk mendaftar, baik yang fresh graduate maupun yang sedang bekerja. Bayangan akan masa depan yang stabil, mendapatkan uang pensiun dan berbagai keunggulan lainnya menjadi hal yang sangat menarik bagi para pelamar.

PNS merupakan salah satu profesi idola di negeri ini. Konon katanya menantu yang berprofesi sebagai PNS adalah idaman calon mertua hehe :D. Ya bisa jadi ini salah namun bisa juga benar. Apapun itu sebelum menjadi PNS, banyak hal yang harus dilalui.

Dimulai dari bersaing dengan jutaan orang, sampai fase percobaan maksimal 2 tahun untuk menjadi 100% PNS. Nah untuk itu bagi anda yang akan dan atau sedang berusaha menjadi PNS. Anda perlu sekali untuk mengetahui segala hal mengenai CPNS, mulai dari hal yang sederhana sampai hal yang mungkin tidak banyak diketahui orang.

Oleh karena itu anda boleh simak artikel ini sampai habis sambil anda bersantai. Kalau mau sambil ngopi juga boleh. hehe

Apa itu CPNS

Secara definisi CPNS merupakan singkatan dari Calon Pegawai Negeri Sipil. Mudah untuk ditebak, status ini adalah satus bagi orang yang akan menjadi Pegawai Negeri Sipil. CPNS bisa disebut sebagai masa percobaan seperti di bidang pekerjaan lain pada umumnya.

Bagaimana syarat untuk menjadi CPNS?

Menurut UU ASN no 5 Tahun 2014 sebuah instansi harus mengumumkan secara terbuka kepada khalayak terkait seleksi penerimaan CPNS.

Berdasarkan PP 11 tTahun 2017, pasal 23 ayat 1. Untuk menjadi CPNS para calon peserta harus memenuhi sembilan persyaratan yang telah ditetapkan, yaitu:

  1. Usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar.‎
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, TNI, POLRI.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai atau terlibat politik praktis.
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan.
  7. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar
  8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
  9. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapkan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Persyaratan tambahan untuk masing-masing formasi ditentukan oleh PPK K/L/D.

Nah setelah memenuhi 9 persyaratan tersebut. Barulah peserta bisa mengikuti seleksi untuk menjadi CPNS.

Bagaimana setelah resmi menjadi CPNS?

Setelah menjadi CPNS, seseorang akan menjalani masa percobaan selama satu tahun. Masa selama satu tahun tersebut disebut masa Prajabatan. Nah selama masa Prajabatan dilakukan masa pendidikan dan pelatihan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Masa Prajabatan hanya dapat di ikuti satu kali saja, dan maksimal selama 1 tahun. Apabila ditengah jalan ada CPNS yang mengundurkan diri dengan berbagai alasan. Maka orang tersebut dapat dikenai sangsi tidak boleh mengikuti lagi seleksi CPNS dalam waktu tertentu.

BACA JUGA : Pengalaman saya dari CPNS sampai diangkat menjadi PNS

Pemberhentian CPNS

Seseorang akan diberhentikan dari CPNS apabila ditengah jalan dianggap tidak memenuhi syarat. Berikut adalah poin-poin yang mengakibatkan seseorang dianggap tidak memenuhi syarat lagi berdasarkan pasal 37 ayat 2 PP 2017 :

  1. mengundurkan diri atas permintaan sendiri;
  2. meninggal dunia;
  3. terbukti melakukan pelanggaran disiplin tingkat sedang atau berat;
  4. memberikan keterangan atau bukti yang tidak benar pada waktu melamar;
  5. dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
  6. menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik; atau
  7. tidak bersedia mengucapkan sumpah/janji pada saat diangkat menjadi PNS.

Hak CPNS

Sebelum mendapatkan hak, tentunya seorang CPNS harus menjalani terlebih dahulu kewajibannya yaitu bekerja berdasarkan ketentuan ditempatnya bekerja dan juga menjalani pendidikan dasar ASN. Dan untuk gaji nya…

Berapa besaran gaji CPNS ?

Gaji CPNS adalah 80% dari nilai gaji yang seharusnya didapat pada saat menjadi PNS.

Apakah CPNS boleh cuti?

Berdasarkan PP 11 tahun 2017, CPNS boleh mengambil cuti tahunan apabila sudah bekerja selama satu tahun penuh tanpa putus. Nah dikarenakan masa CPNS adalah maksimal 1 tahun, artinya CPNS belum memiliki hak cuti. Baru bisa mengajukan cuti apabila sudah menjadi PNS nanti.

Namun untuk cuti alasan-alasan lain, itu semua tergantung dari kebijakan pimpinan yang ditempat kita bekerja.

Apakah CPNS boleh menikah?

Boleh saja, tapi pastikan sudah ada calon nya ya hehe :D. Di kantor saya sudah ada beberapa yang menikah selama menjadi CPNS.

Diangkat menjadi PNS

Apabila memenuhi syarat, barulah seseorang diangkat menjadi PNS. Kemudian setelah diangkat orang tersebut akan ditempatkan kedalam jabatan yang sudah ditentukan. Bagi yang lulusan S2 maka akan langsung menjadi PNS gol 3B, untuk yang golongan 3A akan ditempati oleh lulusan S1. Dan yang lulusan D3 akan menempati golongan 2C.

Kurang lebih seperti itulah hal-hal yang perlu kita ketahui mengenai CPNS. Baca juga rangkaian artikel lainnya mengenai CPNS mulai dari tahap awal sampai tahap akhir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam sukses.. 🙂

2 COMMENTS

  1. Kak, dulu tes SKB kemhan jadwal nya sekali atau beberapa hari ya kak 2017 kmren, karena tes SKB 2018 tertulis 13 des 2018 (tes CAT BKN), 14 DES-selesai (TES kemhan), klau dlu sampai selesai nya berapa hari kak??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here