Inilah Tahapan Yang Dilakukan Setelah Lulus Tes CPNS Sampai Diangkat Menjadi PNS

7
270
lulus tes cpns kemhan

Bagi anda yang sedang membaca artikel ini mungkin anda adalah orang yang sedang melaksanakan tes baik di tahap awal maupun tahap akhir. Apabila iya saya doakan semoga anda berhasil melaksanakan semua tahapan tes dan dinyatakan lulus oleh panitia. aamiin

Berbicara mengenai seleksi CPNS, semua tahapan ini bagi banyak orang sangat menguras hati, pikiran dan juga waktu. Saya pun merasakan hal demikian. Waktu itu saya pun ada diposisi anda, bertanya-tanya mengenai apa aja sih yang akan dilakukan apabila dinyatakan lulus CPNS.

Oleh karena itu saya menulis artikel ini, agar bagi anda yang penasaran tentang what’s next nya bisa mendapatkan gambaran dari pengalaman yang sudah saya alami.

Oh iya sebagai informasi untuk yang belum tau. Pada saat anda lolos seleksi CPNS. Anda tidak langsung menjadi PNS. Pahami bahwa anda melaksanakan tes untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil. Bukan berarti pada saat anda melaksanan tes anda adalah seorang CPNS. Jadi pada saat lulus tes anda akan menjadi seorang CPNS.

Fase CPNS bisa dibilang sama seperti fase percobaan, kita akan dilihat seberapa layak untuk menjadi PNS, ikut melaksanakan pekerjaan dikantor dan juga diberikan pendidikan untuk menjadi PNS yang baik. Pendidikan tersebut disebut Latihan Dasar ASN (Latsar ASN).

BACA JUGA : SEMUA HAL TENTANG CPNS DISINI

Fase pemberkasan

Pertengahan Januari 2018

pembekalan cpns kemhan
Map yang berisi kumpulan dokumen untuk pemberkasan

Oke kita mulai masuk ke inti dari artikel ini. Pada saat setelah melaksanakan seluruh tahapan TES CPNS (SKD + SKB) saya kurang lebih menunggu satu bulanan sampai pengumuman kelulusan diumumkan di web Kemhan. Lama tidaknya pengumuman tentu berbeda-beda ya, tergantung instansinya.

Setelah alhamdulilah dinyatakan lulus. 2 hari kemudian kami di kumpulkan di Kemhan. Fase ini disebut fase pemberkasan. Di fase ini kami diminta untuk melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Dokumen ini juga akan dipakai sebagai persyaratan K/L untuk mengajukan NIP bagi para peserta yang lulus CPNS.

Dokumen tersebut adalah :

  • FC Ijasah SD – Universitas (asli + legalisir)
  • SKCK (asli + legalisir)
  • Surat keterangan bebas narkoba (asli + legalisir)
  • Riwayat Hidup (diisi ditempat)
  • Surat keterangan pernah bekerja (Bagi yang punya pengalaman kerja di kantor)
  • Pass foto
  • Surat keterangan sehat (asli + legalisir)

Fase pembekalan

Akhir Januari 2018

pembekalan cpns kemhan
Suasana pada saat makan siang di fase pembekalan
Naik tangga 8 lantai setiap hari
pembekalan cpns kemhan
Olahraga dan pbb setiap pagi di monas
Berbuat salah? Harus siap pushup yaa
Suasana di ruang teater di fase pembekalan

Setelah itu kami para peserta memasuki masa pembekalan selama satu bulan kurang. Di masa pembekalan ini kami di berikan wawasan mengenai apa saja yang ada di Kemhan mulai dari organisasinya, budaya nya serta tugas dan fungsi Kemhan di pemerintahan. Selain itu kami diberikan materi juga mengenai apa itu PNS dan bagaimana jenjang karirnya serta hak dan kewajibannya.

Pembekalan ini berlangsung di setiap hari kerja. Dimulai jam 6 pagi, kami berlatih PBB dulu dan berolahraga di Monas sampai jam 9, lalu dilanjutkan materi sampai pulang jam 14:00.

Akhir fase pembekalan. Berfoto dulu di depan monas

Fase penempatan 

Maret 2018

Setelah selesai melalui fase pembekalan, kami ditempatkan di Satker yang akan dituju berdasarkan rencana penempatan. Kebetulan kami semua ditempatkan di Satker Pondok Labu yaitu Pusat Data dan Informasi (Pusdatin). Satker ini adalah satker yang bertangung jawab terhadap IT nya Kemhan.

Pertama kali datang ke pusdatin

Pada saat ditempatkan pertama kali, selama satu minggu kami diberikan orientasi atau pengenalan terhadap tugas dan fungsi serta semua hal yang terkait dengan Pusdatin. Seperti biasa setiap pagi kami pun diberi pelatihan PBB terlebih dahulu.

Setelah fase pembekalan selesai, kami mulai masuk ke bidang-bidang yang ada di pusdatin. Tetapi tidak stay di satu bidang, kami di rolling ke semua bidang dalam beberapa waktu sekali agar mengenali tugas dan fungsi semua bidang yang ada di Pusdatin.

Melaksanakan salahsatu kegiatan kantor pada saat rolling ke bidang bidang

Setelah fase pembekalan selesai, barulah kami diberikan Sprin penempatan di bidang yang akan kami duduki.

Fase pendidikan

Akhir Juli 2018 – Agustus 2018 dan Awal Desember 2018

latsar asn kemhan
Halaman depan Badiklat Kemhan. Lokasi Latsar ASN
latsar asn kemhan
Berfoto dulu pada saat sesudah registrasi

Menurut UU ASN, setiap CPNS wajib mengikuti dan lulus pendidikan dasar PNS. Pendidikan ini disebut Latihan Dasar ASN (Latsar ASN). Latsar ini mempunya dua jenis pembelajaran. Pembelajaran On Class dan Off Class. Pembelajaran On Class ini artinya kita melakukan pembelajaran di Badan/Instansi pendidikan tersebut dan untuk Off Class kita melakukan pembelajaran di kantor.

latsar asn kemhan
Suasana di salah satu ruangan

Untuk lebih detailnya nanti akan saya ceritakan di satu tulisan khusus mengenai Latsar ASN.

Pelantikan

Januari 2019 (Perkiraan)

Pada saat nanti kami sudah menyelesaikan Latsar ASN dan dinyatakan lulus, tidak lama lagi barulah kami akan dilantik menjadi PNS. Dan alhamdulilah status kami sudah resmi dan penghasilan yang didapatpun naik dari 80% ke 100%. Nanti kami akan diberikan SK dari BKN mengenai pengangkatan dari CPNS ke PNS.

SK ini dan SK CPNS tidak boleh hilang, karena dokumen ini adalah salah satu syarat yang akan digunakan pada saat pensiun nanti untuk mendapatkan hak pensiun.

Akhir kata

Itulah yang saya alami dan akan saya alami sampai nanti dilantik menjadi PNS. Perjalanan yang lumayan panjang ya kalo dihitung dari masa seleksi CPNS sampai menjadi PNS. Akhir kata apabila saya dan orang-orang diluar sana bisa menjadi PNS, andapun pasti bisa apabila terus berusaha, berdoa dan mempersiapkan diri.

Terimakasih sudah membaca tulisan ini sampai akhir. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Salam Sukses.. 🙂

7 COMMENTS

  1. siang mas nanya.
    waktu yang tepat untuk kita resign dari perusahaan saat ini kita bekerja, jika kita keterima dan lulus CPNS itu kapan yah ?
    karena saya lihat lompat2 nya cukup jauh mulai dari kelulusan akhir hingga pemberkasan.

    thanks

      • malam mas, mau tanya.
        dinyatakan lulus itu, saat pengumuman lulus SKB sesuai jumlah formasi?
        atau sebelum pemberkasan ya?
        karena takut tidak pas waktunya dengan 1-3 bulan notice.
        terima kasih banyak informasinya

        • untuk pengumuman lulus SKB tidak ada mas. yang ada, setelah selesai SKB. nilai SKB di gabung dengan SKD kemudian hasil nya langsung di rangking. Rangking yang sesuai formasi barulah dinyatakan lulus. Fase ini sebelum pemberkasan mas huda.

  2. Maaf mas mau tanya , saya kemaren ikut SKB tapi merasa was was karena lupa lupa ingat apakah sudah tanda tangan 3 kali pada saat registrasi SKB atau belum. Setau mas Irfan apakah jika saat registrasi ujian apabila ada yang lupa tanda tangan akan dipanggil oleh panitiaatau tidak ?
    Terimakasih sebelumnya , sukses selalu mas Irfan

  3. mas irfan maaf mau tanya lagi , untuk jeda waktu dari fase terakhir pemberkasan ke fase pembekalan itu berapa lama , dan dihubungi untuk mengikuti fase pembekalan nya bagaimana ? apakah di umumkan atau di telpon?
    Terimkasih sebelumnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here