Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Terkait Tes SKB CPNS 2018

2
828

Seperti yang kita ketahui Tes SKB CPNS 2018 merupakan tahapan yang akan di lalui para peserta yang sudah lulus tes SKD. Saya ucapkan selamat kepada anda yang sudah lulus ditahapan tersebut, karena tes SKD merupakan tahapan yang paling sulit dan menentukan. Karena sistemnya adalah sistem gugur dan peserta yang mengikuti tesnya juga banyak.

Apalagi saya dengar seleksi CPNS 2018 ini banyak yang gagal di tes TKP nya. Artinya selamat kepada anda yang sudah lulus, waktunya anda mempersiapkan diri untuk tahapan tes SKB.

Nah beberapa hari ini saya mendapatkan banyak pertanyaan baik di instagram maupun dipostingan blog yang lain terkait dengan tahapan tes SKB. Oleh karena itu ijinkan saya membagikan pengalaman dan informasi yang saya tau tentang SKB tahun 2017. Jadi kalau ada perbedaan tahapan antara 2017 dan 2018 bisa kasih masukan lewat komentar dibawa ya rekan-rekan. 🙂

Pertanyaan yang sering ditanyakan terkait tes SKB CPNS 2018

Q : Apa itu SKB?

A : SKB adalah singkatan dari Seleksi Kompetensi Bidang, tes yang dilakukan setelah melalui seleksi SKD. Yang dimaksud dengan tes SKB adalah seluruh tes yang dilalui dari awal sampai akhir. Jadi perlu kita pahami, tes SKB itu bukan hanya tes yang berbasis komputer saja (CAT). 

 

Q : Apakah tes SKB sama di setiap K/L?

A : BKN memberikan kebebasan kepada K/L untuk menambahkan jenis tes lain yang terkait dengan K/L tersebut. Contoh, Kemhan dan Kemenkumhan tahun lalu memiliki tes samapta. Tetapi tes samapta tidak ada di K/L lain. Namun ada juga tes yang harus ada dan sama jenis nya di setiap K/L seperti tes CAT SKB.

 

Q : Bagaimana tes CAT SKB apakah sama dengan CAT SKD?

A : Untuk mekanismenya sama, sama-sama dikerjakan melalui komputer, berjumlah 100 soal dan diberikan waktu 90 menit. Score akhirnya di tampilka dilayar komputer setelah tes selesai dikerjakan.

 

Q : Terkait tes CAT SKB Pranata Komputer, jenis soal apasaja yang ditanyakan?

A : Berdasarkan pengalaman saya, tes untuk formasi ini terdari dari soal terkait networking, database, pemrograman dan SIG

Baca juga :

Inilah tahapan tes CPNS yang saya lakukan dari awal sampai akhir

Contoh soal skb pranata komputer

Q : Terkait tes SKB Pranata Komputer apakah disuruh bikin program atau coding?

A : Pada saat saya seleksi tidak ada tes tersebut, namun di K/L ada yang salah satu tes SKB nya membuat program. Jadi persiapkan diri anda, mana tau tes yang akan anda hadapi adalah tes tersebut.

 

Q : Terkait tes SKB untuk formasi lain tesnya seperti apa ya?

A : Intinya persiapkan diri terkait bidang yang akan anda duduki. Misalnya anda berasal dari bidang kesehatan, maka pelajari dunia kesehatan dan yang terkait dengan formasi tersebut. Serta pahami juga visi misi organisasi, tugas dan fungsi serta tokoh-tokoh yang ada di K/L tersebut.

 

Q : Apabila tahapan tes SKB ada 5, misalnya di tes ke 3 tidak dapat mengikuti tes nya karena berbagai alasan, sedangkan di tes ke 4 dan ke 5 masih bisa mengikuti tes. Bagaimana ?

A : Belum tentu anda diijinkan untuk mengikuti tes ke 4. Bisa saja di gugurkan atau tidak kembali ke kebijakan K/L tersebut. Namun apabila anda dapat mengikuti tes ke 4 dan 5 peluang anda untuk lolos sangat kecil karena anda mendapatkan nilai 0 untuk tes yang anda hadapi.

 

Q : Bagaimana mekanisme penentuan kelulusan tes SKB?

A : Tes SKB tidak berdasarkan sistem gugur, jadi anda akan menjalani seluruh tes SKB dari awal sampai akhir. Berdasarkan penilaian seluruh tahapan tes SKB nanti nilai tersebut akan di kirimkan ke BKN. Nilai tersebut akan digabung dengan nilai SKD, dan yang menentukan lulus atau tidaknya peserta menjadi CPNS adalah BKN.

Kemudian daftar peserta yang lulus tes akan dikembalikan lagi ke K/L untuk di sampaikan ke publik hasilnya. Setelah itu peserta akan memasuki masa pemberkasan.

Q : Bagaimana saya mempersiapkan diri terkait tes SKB?

A : Saya mempersiapkan diri sedini mungkin untuk tahapan tes SKB, namun itu hanya untuk tes yang sudah di umumkan diawal. Di Kemhan tes yang diumumkan di awal seingat saya ada 4 jenis tes, namun ternyata total ada 8 (kalo tidak salah) jenis tes yang saya lakukan. Jadi diperlukan kecepatan untuk mempersiapkan diri.

Untuk materi belajarnya saya belajar di internet saja terkait Tes CAT SKB, cuma baca-baca saja. Saya tidak ada materi PDF ataupun aplikasi dll untuk persiapannya.

Akhir Kata

Oke itu dia beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan rekan-rekan yang akan menjalani tes SKB. Saya doakan supaya anda dapat menjalani tes tersebut dengan baik. Persiapkan diri anda sebaik mungkin. Ingat jangan lupa jaga kondisi kesehatan dan faktor keamanan, selama tahapan tes ini tidak perlu pergi jauh-jauh agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terimakasih sudah membaca post ini, silahkan kalau ada yang mau ditanyakan boleh tanyakan di kolom komentar dibawah atau tanya di DM instagram saya, btw jangan lupa follow dulu ya kalau mau tanya disitu hehe. Jangan lupa share juga artikel ini kepada rekan lain yang membutuhkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat, sukses untuk anda.

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here