Inilah Pengalaman Saya Tes CPNS 2017 Dari Awal Sampai Lulus

16
1097

Berbicara mengenai tantangan, hal ini tentu menjadi sebuah hal yang jamak terjadi di sebuah kompetisi. Barang siapa yang dapat melewati tantangan tersebut maka goal yang di inginkanpun akan tercapai. Nah tentu akan menjadi sebuah keunggulan apabila kita mengetahui tes apa saja yang akan di lalui agar persiapan diri menjadi lebih matang. Hal ini pun berlaku bagi anda yang sedang membaca tulisan ini, kemungkinan besar anda yang sedang membaca tulisan ini adalah orang yang sedang atau akan mengikuti tes CPNS 2018 bukan :D.

Jika iya, sebelum anda membaca sampai akhir, ijinkan saya membagikan pengalaman mengenai tes cpns apa saja yang saya lalui pada saat saya ikut seleksi CPNS 2017 Kementrian Pertahanan untuk formasi jabatan Pranata Komputer.

Pengalaman ini tentu bisa berbeda ya dengan rekan-rekan lain yang melaksanakan tes di Kementrian/Lembaga (K/L) lain, namun pada dasarnya sih sama saja, hanya berbeda sedikit dan tidak signifikan.

Oleh karena itu yuk langsung saja kita masuk ke poin pertama.

1. Seleksi administrasi

Alur pendaftaran CPNS 2017

 

Penerimaan PNS saat ini berbeda dengan jaman dahulu, saat ini seorang yang akan menjadi PNS harus sudah memiliki rencana jabatan yang akan di duduki. Oleh karena itu setiap lowongan formasi harus sesuai dengan jurusan universitas yang dimiliki calon peserta tes. Jika lowongan jabatan terkait dengan jurusan komputer misalnya, tidak bisa di lamar oleh mereka dari jurusan ekonomi dan lainnya. Yang bisa melamar hanya yang berasal dari jurusan komputer

Untuk ditahun 2017, ini adalah tes cpns pertama kali semenjak adanya moratorium di era presiden Jokowi dan juga yang kedua yang menggunakan CAT (setelah tahun 2014). CMIWW

Persyaratan pendaftaran CPNS

Tes CPNS dimulai dari seleksi administrasi dengan cara mengisi formulir online dan mengupload berkas-berkas. Berkas tersebut adalah :

Untuk kesemua berkas tersebut di upload berdasarkan format yang di tentukan di portal tempat mendaftar.

Pada fase ini permasalahan yang saya alami adalah tidak ditemukannya nomor KK saya. Pada saat mendaftar saya mendaftar menggunakan nomor KK baru karena sudah beberapa bulan menikah.

Namun ternyata nomor KK baru tersebut belum terupdate di sistem. Akhirnya saya mencoba memasukan nomor KK yang lama dimana saya masih dalam satu KK dengan orang tua dan ternyata nomor KK tersebut bisa terdata. Apabila anda mengalami permasalahan itu pada saat pendaftaran cpns 2018, anda bisa langsung coba gunakan KK lama anda.ย 

Apabila sudah mendaftar dan mengupload berkas selanjutnya tinggal menunggu pengumuman seleksi berkas. Pada saat saya dinyatakan lulus, file pdf kelulusan saya download di portal pendaftaran. Disitu terdapat informasi mengenai kapan dan dimana saya akan melaksakan tes SKD. Selain itu karena sudah dinyatakan lulus, saya pun dapat mencetak kartu peserta ujian yang akan di gunakan untuk tahapan tes selanjutnya.

2. Seleksi kompetensi dasar (SKD)

 

Orang yang melaksanakan tes ini artinya sudah lulus dalam seleksi administrasi. Menariknya saat ini tes SKD sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT), bukan tes tertulis di stadion GBK seperti dahulu. Tes dilakukan melalui komputer dan hasilnyapun akan di ketahui langsung pada saat saya selesai mengerjakan. Dan luar biasanya lagi, pada saat kita mengerjakan tes, ada juga live score yang di tampilkan di ruang tunggu sehingga nilai kita bisa di pantau langsung oleh orang lain.

Saya berani bilang tes ini 100% transparan dan tidak ada lagi yang namanya ‘titipan’ pihak tertentu, karena sistem yang sudah dibuat sudah sangat meminimalisir hal tersebut.

3 materi di tes SKD

Untuk tes SKD ini terdiri dari 3 bidang tes :

a. Tes wawasan kebangsaan (TWK), tes ini membahas seputar wawasan kebangsaan kita , terutama mengenai sejarah bangsa pra kemerdekaan, pancasila, bhineka tunggal ika, UUD 1945 dll. Nilai passing grade nya 75.

b. Tes intelejensi umum (TIU), tes ini membahas seputar pengetahuan umum yang menggunakan logika seperti tes deret angka, bangun ruang, pecahan, dll.ย Nilai passing grade nya 80.

c. Tes karakteristik pribadi (TKP), tes ini membahas seputar apa saja yang akan di lakukan bila situasi tertentu terjadi di tempat kerja sehingga dapat di ketahui apakah karakter kita layak untuk menjadi PNS di kemudian hari.ย Nilai passing grade nya 143.

Agar dapat melanjutkan ke tahap tes selanjutnya, kita harus dapat lulus melewati passing grade yang ada. Namun saran saya jangan hanya sekedar lolos passing grade. Usahakan juga agar mendapatkan score yang baik.ย 

Karena selain anda harus lolos passing grade, anda pun harus lolos ranking. Maksudnya begini, jadi menurut peraturan, orang yang dapat mengikuti tes selanjutnya adalah orang yang lulus passing grade dan masuk ranking yang tidak lebih dari 3x jumlah formasi yang di butuhkan.

Contoh, pada saat saya mendaftar formasi Pranata Komputer. Quota yang dibutuhkan untuk formasi tersebut adalah 30 orang. Artinya 30 formasi x 3 = 90 orang yang dapat mengikuti tes selanjutnya.

Apabila anda lolos passing grade namun rangking 91, sayang sekali anda tidak dapat ikut tes selanjutnya. Maka persiapkan diri anda sebaik mungkin, beda jumlah soal yang benar anda kerjakan sebanyak 1 soal saja bisa menjadi pembeda bagi anda.

Hasil tes CAT saya yang tampil di layar live score

Untuk tips dan strategi bagaimana saya bisa melalui tes CAT SKD, nanti akan saya buatkan tulisannya tersendiri ya. Buat yang ingin saya segera menyelesaikan tulisan tips tersebut bisa tulis di kolom komentar di bawah hehe ๐Ÿ˜€ . Semakin banyak yang komentar, semakin cepat saya selesaikan tulisannya.

UPDATE : Untuk tips persiapan ujian SKD bisa di klik dibawah ini ya

Inilah Rahasia Saya – Tips Lulus SKD

3. Tes CPNS kompetensi bidang

Tes ini merupakan tes lanjutan apabila anda sudah lulus tes sebelumnya, apabila tes sebelumnya adalah sistem gugur, di tahapan ini sistemnya adalah berupa perankingan, jadi anda akan melalui semua tahapan tes sampai akhir. Untuk SKB ini jenis-jenis tes nya bisa tidak sama di setiap K/L, karena hal tersebut memang di atur di perka BKN untuk memfasilitasi K/L yang ingin mengadakan tes yang sesuai dengan tugas K/L tersebut.

Dalam hal ini untuk tes yang saya alami di Kementrian Pertahanan adalah :

a. Seleksi kompetensi bidang

Judul nya saja sudah jelas ya, di tes ini saya melaksanakan tes kompetensi untuk bidang komputer. Seingat saya soal-soal yang di tanyakan adalah seputar nerwork, SIG, database dll.

Tes ini masih menggunakan sistem CAT dan dilaksanakan di gedung BKN. Sistem nya pun sama, score akan langsung muncul di layar komputer dan di layar live score.

Nah tips dalam mempersiapkan tes ini, selain mempersiapkan kemampuan bidang, persiapkan juga pengetahuan mengenai bidang dari K/L yang akan di lamar.

Contohnya, apabila anda melaksanakan tes SKB untuk Kemenkum HAM, pelajari juga mengenai undang-undang yang terkait, visi misi serta struktur organisasi. Karena terjadi juga di beberapa K/L, tes SKB nya bukan tentang bidang yang akan kita lamar seperti komputer misalnya, tetapi malah tentang dunia yang terkait K/L tersebut.

Hasil tes kompetensi bidang yang di tampilkan di layar live score

b. Wawancara Mental Ideologi (MI)

Wawancara ini berbeda dengan wawancara yang biasa dilakukan oleh HRD. Yang dilakukan pewawancara disini adalah menggali lebih lanjut seberapa pancasila kita.

Mengisi form

Sebelum diwawancara, para peserta terlebih dahulu mengisi form isian mengenai riwayat hidup kita, silsilah keluarga maupun keluarga mertua bagi yang sudah menikah, ada juga pertanyaan mengenai organisasi apa saja yang pernah di ikuti dll. Sepengalaman saya dibutuhkan waktu sampai hampir 2 jam untuk mengisi form tersebut sampai selesai.

Selain mengisi riwayat diri ada juga soal-soal mengenai apa yang akan kita perbuat apabila berada di situasi tertentu atau bagaimana pendapat kita mengenai sebuah isu tertentu.

Contoh soalnya seperti ini :

“Di suatu daerah di Indonesia ada warga yang menginginkan untuk merdeka karena merasa pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan warga disitu, bagaimana pendapat anda?”

Intinya soal-soal mengenai kondisi bangsa yang terkait dengan pancasila.ย 

Nah dari apa yang kita isi di form nanti akan di perdalam lagi oleh panitia melalui tahapan wawancara MI. Singkat kata kalau anda tidak diragukan ke pancasilaannya dan tidak mengikuti atau terkait organisasi terlarang. Insya allah anda akan bisa lulus tes ini.

Absensi pada saat saya tes wawancara MI

c. Tes kesehatan

Tes cpns ini adalah untuk mengecek bagaimana kondisi kesehatan para peserta. Untuk tes ini kami dibagi menjadi 2 gelombang. Pemeriksaan di laksanakan di Rumah Sakit dr.Suyoto di daerah Bintaro, RS ini merupakan instansi di bawah Kemhan.

Sebelum dilaksanakan pemeriksaan kesehatan. Peserta terlebih dahulu mengisi form check list pemeriksaan untuk menuliskan bagaimana riwayat kesehatan kita sebelumnya. Sebelum dilaksanakan tes, terlebih dahulu para peserta di beri pengarahan di lapangan perihal apa saja yang nanti akan dilakukan dan dimana saja ruangan pemeriksaan berada. Di situ dijelaskan bahwa pemeriksaan meliputi kesehatan mata, gigi, rekam jantung, urin, cek darah, rontgen.

Form yang diisi sebelum tes cpns kesehatan di Kemhan

Pada saat pelaksanaan tes, peserta tidak menumpuk di satu jenis tes. Peserta disebar ke berbagai jenis tes sehingga lebih efektif dan efisien. Alhamdulilah dari kesemua tes tersebut, tes saya berjalan dengan lancar. Namun satu hal yang saya khawatirkan, yaitu pada saat pengambilan darah karena saya takut sama jarum suntik hehe ๐Ÿ˜€

d. Tes kejiwaan

Tes cpns ini menguji bagaimana kondisi kejiwaan, disini peserta dihadapkan dengan ratusan pertanyaan mengenai diri kita pribadi, dan pertanyaan tersebut di tanyakan berulang namun dengan cara bertanya yang berbeda.

Contoh pertanyaan yang masih saya ingat seperti “Apakah kamu menyukai bunga?”, ada juga “Apakah kamu terkadang merasakan panas di telinga?”, intinya pertanyaan tentang diri kita.

Tapi jangan menganggap tes ini sepele loh, karena pada saat saya tes ada beberapa peserta yang tidak lulus karena tidak lulus tes kejiwaan.

e.Psikotes

Untuk tes CPNS psikotes, tes ini kurang lebih sama seperti tes psi pada umumnya. Pada saat kami melaksanakan tes ini, seluruh peserta di kumpulkan di satu ruangan. Jenis soalnya cukup bervariasi, seperti gambar bangun, persamaan kata, pengetahuan umum, tes pauli, deret angka, logika matematika, tes hapalan dan lain nya.

Serta ada juga contoh soal studi kasus di tempat kerja serta pengalaman apa saja (terkait pekerjaan) yang sudah di lakukan sebelumnya. Nah untuk soal studi kasus ini nanti akan di gali lebih lanjut di wawancara psikologi.

Wawancara psikologi menurut saya lebih mirip seperti wawancara pada saat mau melamar pekerjaan. Pada saat itu saya ditanya mengenai motivasi saya menjadi PNS, kelebihan dan kekurangan diri saya, dan juga pertanyaan yang berhubungan dengan apa yang sudah kita isi di form sebelumnya.

f. Tes kesamaptaan

Bagi yang belum mengetahui, tes kesamaptaan (tes olahraga) itu terdiri dari 3 jenis. Samapta A (lari), Samapta B (push up, pull up, suttle run), Samapta C (renang). Pada tes yang saya lalui, untungnya hanya ada samapta A, sehingga yang diujikan hanyalah lari.

Tes lari ini dilakukan sejauh 2400 meter secepat mungkin. Semakin cepat lari artinya semakin bagus nilai yang di dapat. Untuk mengetahui konversi nilainya, panitia memajang spanduk yang berisi konversi nilai tersebut. Jadi kita dapat mengetahui apabila misalnya kita lari dalam waktu 12 menit dapat nilai berapa.

Untuk tes ini, pria dan wanita memiliki indeks score yang berbeda. Dan juga untuk yang usia diatas 30 tahun juga memiliki indeks score yang berbeda juga dengan peserta lari di bawah 30 tahu. Sehingga menurut saya tes ini cukup adil.

Tabel nilai samapta A

Jalannya tes

Tes dilaksanakan pagi hari, sebelum di mulai seluruh peserta di tes tensi terlebih dahulu oleh petugas kesehatan, bagi yang lulus tes maka akan langsung di berikan nomor dada, sedangkan bagi yang hasil tes tensi nya tinggi maka akan di persilahkan tiduran atau rileks terlebih dahulu untuk menurunkan tensi nya.

Karena jumlah peserta lebih dari 100 orang, maka jumlah peserta lari di bagi menjadi beberapa gelombang, sebelum lari peserta melakukan pemanasan bersama terlebih dahulu.

Pose dulu sebelum tes ๐Ÿ™‚

Untuk teknisnya, peserta memutari lapangan yang mana 1 putarannya sejauh 400 meter. Panitia memasang stopwatch besar di garis finis sehingga kita bisa memantau waktu tempuh tiap putarannya.

Nah disini saya lari di gelombang pertama, saya memilih untuk tidak langsung sprint guna menjaga stamina dan agar kaki tidak keram. Pada saat saya melewati garis finish alhamdulillah waktu tempuh saya untuk 2400 meter adalah 12 menit 18 detik. Nilai yang lumayan baik untuk di gabungkan dan hitung menjadi hasil nilai final.ย ย 

Akhir Kata

Setelah melakukan seluruh tes diatas alhamdulilah, saya dinyatakan lulus dengan peringkat yang baik pula. Alhamdulilah kerja keras dan doa saya di kabulkan oleh Allah SWT. Setelah dinyatakan lulus melalui website Kemhan. Kami pun di beri petunjuk untuk melengkapi berkas-berkas yang di butuhkan selanjutnya seperti SKCK, surat kesehatan, dan legalisir Ijazah terakhir.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua, apabila ada yang kurang jelas dan ingin di tanyakan silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah. Secepat mungkin akan saya balas apabila sedang free. ๐Ÿ˜€

Apabila tulisan ini bermanfaat anda boleh share ke semua orang yang membutuhkan informasi ini. Kedepannya saya pun akan buat tulisan-tulisan yang terkait dengan seleksi CPNS. Dan terakhir mohon maaf apabila ada kekeliruan informasi atau salah kata dari saya. Karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahan datang nya dari diri saya.

Wassalam ๐Ÿ™‚

16 COMMENTS

  1. Kebetulan saya dari jurusan komputer juga..mau tanya min..kalau untuk mendapatkan sertifikat keahlian komputer itu dimana ya?dan untuk tes nya seperti apa?apakah hanya teori2 dasar atau praktik juga?
    makasih sebelumnya

    • untuk jenis tes ini tergantung K/L nya mas.. pengalaman saya, waktu itu yg seleksi di kemhan ada juga yg untuk formasi lain (analis data). dan untuk tes nya sama untuk semua formasi IT. pokoknys seputar IT aja ujiannya

    • ada mbak.. pertanyaan seputar diri kita.. apa aja kelebihan dan kekurangan kita. kemudian apa motivasi kita jadi PNS. ada juga pertanyaan berupa bagaimana cara kita bersikap terkait dunia pekerjaan

  2. Terima kasih websitenya sangat membantu karena sekarang lagi musim cpns. Saya ingin tanya apakah jika formasinya berbeda seperti pengelola data/pranata komputer dan pendidikannya SI/TI untuk tes bidang masih seputar IT?

  3. kak mau nanya. kalo bidang kesehatan tes skb nya beda-beda gk ?
    misalnya antara yg milih formasi bidan,perawat,dokter,gizi, dll
    soal tes skb nya sama seputar kesehatan apa beda sesuai jurusan masing-masing ?
    kebetulan saya juga daftar kemhan
    makasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here