Pengalaman Memperpanjang SIM dan STNK di Gerai Samsat Blok M Square

11
7995
Gerai Samsat Blok M Square

Sebagai warga yang berdomisili di Jakarta Selatan tentunya mengurus segala administrasi nya di tempat dimana saya tinggal termasuk untuk urusan membuat dan memperpanjang SIM. Oleh karene itu dalam rangka memperpanjang SIM hari ini saya bergegas menuju Samsat keliling Jakarta Selatan yang berlokasi di depan TMP Kalibata.

Setelah menjalani perjalanan panjang karena macet, sesampai nya saya di Kalibata, ternyata tidak ada Samsat keliling disana. Padahal menurut akun Twitter TMC Polda Metro ada Samsat keliling disana. Hmmm yasudah karena sudah nanggung, saya bergegas menuju Samsat Polda Metro. Tetapi sesampainya disana saya pun harus kecewa untuk kedua kalinya. Karena di Samsat Polda Metro Jaya tidak melayani perpanjangan SIM.

Walau sudah 2 kali kecewa, hari ini saya bertekad untuk tetap menyelesaikan niat saya ini sampai selesai. Dari situ saya pun bergegas menuju Samsat Blok M Square. Jujur saya malah baru pertamakali mendengar kalo ada gerai Samsat di daerah Blok M. Karena saya baru pertama kali kesitu, saya bertanya-tanya tentang lokasi keberadaannya.

Ternyata letaknya berada di lantai baseman di dekat esklator, dan untuk orang yang baru pertama kali kesitu bisa di pastikan anda akan bingung seperti saya karena tidak ada papan tanda apapun yang menunjukan dimana lokasinya. Sebaiknya anda bertanya agar bisa lebih cepat sampai di lokasi.

Nah sesampainya saya disana ternyata gerainya bukan berbentuk kantor seperti yang saya kira, bukan juga terletak di kios tetapi terletak di area (lantai) kosong yang di bangun ruangan semi permanen dari kayu. Gerainya terdiri dari 2 ruangan terpisah. Yaitu ruangan untuk perpanjang STNK tahunan dan juga perpanjang SIM A/C.

Setelah itu saya pun langsung segera mengurus perpanjangan SIM saya.

Syarat perpanjang SIM A atau C


Apa saja syarat untuk memperpanjang SIM:

  • Datang dan hadir sendiri, tidak bisa di wakilkan karena ada proses pengambilan foto
  • Masa berlaku SIM tidak kadaluarsa
  • Perpanjang SIM dapat dilakukan beberapa bulan sebelum masa berlaku habis asal sudah masuk di tahun habis nya. Contoh, masa berlaku habis di bulan Oktober 2017, artinya di bulan Januari 2017 sudah bisa perpanjang SIM karena sudah tahunnya.

Berkas yang harus di siapkan:

  1. SIM A atau C asli yang mau di perpanjang
  2. E-KTP asli, KTP format lama tidak bisa
  3. FC SIM dan E-KTP, optional karena bisa di foto copy di lokasi

Proses perpanjangan SIM di Gerai Samsat Blok M Square


  1. Menuliskan nama di buku hadir sebagai list antrian jika sedang penuh.
  2. Melakukan tes kesehatan yang hanya formalitas saja, tes nya pun hanya tes buta warna. Kemudian melakukan pembayaran Rp25.000 untuk tes ini.
  3. Selanjutnya menyerahkan semua syarat ditambah berkas hasil tes kesehatan tadi. Bagi yang tidak membawa FC persyaratannya, disitu tersedia petugas yang bisa membantu memcopy kan FC kita dan jangan lupa untuk membayar ya.
  4. Setelah itu mengisi formulir berdasarkan contoh yang ada.
  5. Jika sudah formulir yang sudah di isi di berikan kepada petugas asuransi. Kemudian menuggu panggilan untuk membayar biaya asuransi sebesar Rp30.000.
  6. Dari situ proses selanjutnya adalah duduk menunggu panggilan foto. Sebelum di foto anda akan dibebankan biaya sebesar Rp80.000 untuk SIM A dan Rp75.000 untuk SIM C.
  7. Proses selesai, SIM sudah di perpanjang sampai 5 tahun kedepan.

Berdasarkan proses dari awal sampai akhir, bisa dikatakan proses perpanjangan SIM cukup cepat karena tidak sampai memakan waktu 1 jam. Selain itu total biaya yang di keluarkan bukannlah Rp80.000 atau Rp75.000 tetapi Rp135.000 untuk SIM A dan Rp130.000 untuk SIM C. Sedangkan SIM selain A dan C tidak bisa di perpanjang disini.

Waktu pelayanan Gerai Samsat Blok M (updated last 2017)


Waktu pelayanan 
Senin – Jumat : 12:00 – 20:00
Jumat 13:30 – 20:00

Catatan : Waktu operasional ini berbeda dengan operasional perpanjangan STNK

Kesimpulan


  • Proses perpanjangan tergolong cepat, kurang lebih hanya memakan waktu sekitar 30 menit. Yang lama adalah proses antriannya yang cukup banyak terutama jika akhir pekan
  • Dengan lokasi yang berada di area yang banyak di kunjungi masyarakat, keberadaan Gerai seperti ini sangat membantu dan memudahkan. Semoga kedepannya semakin banyak lagi Gerai Samsat di berbagai Mall di Indonesia.

 

 

Suasana Perpanjangan SIM Gerai Samsat Blok M Square

Foto SIM Gerai Samsat Blok M Square

UPDATE

Perpanjang STNK Samsat Blok M Square 2018


Bulan Januari 2018 ini pun saya memperpanjang STNK di lokasi ini, perlu di ketahui waktu pelayanan perpanjangan STNK TIDAK SAMA dengan waktu pelayanan perpanjangan SIM.

Waktu operasional perpanjangan STNK di Samsat Blok M adalah

Senin – Jumat : 09:30 – 15:00

Sabtu : 09:30 – 12:00

Pendaftaran terakhir adalah pukul 14:30 dan sabtu pukul 11:30, atau di tutup lebih awal apabila pendaftar ramai

Kelengkapan dokumen

Sedangkan dokumen yang perlu disiapkan untuk proses perpanjangan STNK di Samsat Blok M square adalah :

  • Membawa STNK asli dan FC
  • Membawa KTP asli dan FC
  • Membawa BPKB asli dan FC
  • Mengisi formulir permohonan perpanjangan

Apakah proses perpanjangan bisa di wakilkan?

Kebetulan pada saat saya kesini, saya posisi nya adalah memperpanjang STNK atas nama orang tua saya.

Proses perpanjangan disini bisa di wakilkan dan tidak memerlukan surat kuasa apabila orang yang memperpanjang masih satu alamat dengan si pemilik STNK. Apabila beda alamat KTP dibutuhkan surat kuasa untuk perpanjangannya.

Jam operasional perpanjangan STNK, berbeda dengan perpanjangan SIM
Suasana saat perpanjangan STNK
Tersedia juga tukang Foto Copy

11 COMMENTS

  1. terima kasih infonya… sayangnya sim saya baru saja habis masa berlakunya… jadi sepertinya tetap harus ke samsat yang di daan mogot

  2. kalo lewat 15 hari dr waktu masa berlaku bisa gak diperpanjang sim nya di Blok M Gerai Samsat? Ngarep aturan baru 2018 bisa..hehee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here