Pentingnya Mentor Dalam Bisnis

0
314
mentor bisnis

 

Dalam 10 tahun terakhir, tren pengusaha muda di Indonesia mengalami peningkatan. Banyak publikasi di media yang menampilkan profil anak muda yang sukses berwirausaha. Kesuksekan mereka tentu tidak semudah yang kita lihat. Selain kerja keras, banyak faktor lain yang menunjang kesuksesan tersebut. Seperti kemauan belajar yang tinggi, sikap berani mengambil resiko dan juga mentor bisnis yang tepat.

Bagi anda yang saat ini akan dan baru menjalani bisnis, salah satu faktor penting yang harus anda miliki adalah mentor bisnis yang tepat. Sebelum kita kupas lebih dalam, kita ketahui dahulu apa definisi dari mentor bisnis.

Apa itu mentor bisnis


Menurut KBBI mentor adalah pembimbing atau pengasuh, sedangkan bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan. Oleh karena itu secara bahasa mentor bisnis adalah pembimbing atau pengasuh dalam menjalankan usaha komersial dalam dunia perdagangan.

Mengapa perlu mentor bisnis


Dalam sebuah bisnis sangat di perlukan seorang  mentor, apalagi kalau anda bukan berasal dari keluarga pebisnis dan baru menjalakan bisnis.

Memiliki seorang mentor seperti memiliki seorang pemandu pada saat anda naik gunung dan anda adalah seorang pemula dalam hal pendakian.

Analogi nya seperti ini, waktu normal yang di tempuh menuju puncak gunung oleh pendaki level menengah adalah 5 jam. Sedangkan waktu yang di tempuh oleh level pemula sekitar 8 jam. Lalu waktu yang di tempuh oleh pemandu (pendaki level senior) adalah 3 jam.

Anda sebagai pemula akan menempuh waktu 3 jam lebih lama di bandingkan pendaki level menengah. Hal yang menyebabkan lebih lama adalah karena ini merupakan pendakian pertama anda.

Anda tidak tahu bagaimana medan sesungguhnya, anda berbekal peta dan rute tapi ternyata medan yang di lalui lebih berat dari yang di gambarkan peta. Anda bisa salah jalan, tersesat bahkan yang lebih ekstrim anda bisa tewas karena jatuh ke jurang atau mati kedinginan.

Beda hal nya jika anda mendaki bersama seorang pemandu yang  ahli, jika anda mengikuti langkah langkah nya. Mengikuti semua arahan dan instruksi, rasa rasanya sudah hampir pasti anda sampai kepuncak gunung. Bahkan dalam durasi 4 jam lebih cepat. Ya seperti itu lah kenyataan nya. Di dunia bisnis jika anda tidak memiliki mentor yang membimbing anda, persentase kesuksesan anda menjadi jauh lebih kecil.

Fakta mengejutkan mengenai keberhasilan bisnis di 5 tahun pertama

Penelitian menunjukkan bahwa sedikitnya 40% dari seluruh bisnis, tidak dapat berkembang alias bangkrut pada tahun pertama berdirinya. Fakta lainnya menunjukkan angka yang lebih mengejutkan, yaitu sekitar 80% bisnis hanya mampu bertahan paling lama 5 tahun , setelah itu gulung tikar.

Dan sisanya yang 20% berhasil lolos dari seleksi tersebut pada akhirnya 80%nya akan bangkrut sebelum tahun ke-10 . Dengan kata lain, hanya 10% bisnis yang mampu bertahan melewati tahun ke-10 dan terus berkembang hingga menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tingkatkan persentase keberhasilan bersama mentor bisnis

Kecil nya persentase keberhasilan di atas bukan karena pelaku bisnis yang kurang cerdas, atau kurang bekerja keras. Melainkan karena banyaknya kesalahan-kesalahan kecil yang terus di ulangi, karena tidak paham kalau hal tersebut salah.

Dengan seorang mentor anda akan di beritahu kesalahan apa saja yang perlu untuk di koreksi, bahkan kemungkinan kesalahan yang terjadi di masa depan. Sehingga potensi kegagalan bisnis anda jauh berkurang. Karena seorang mentor adalah orang yang sudah jauh lebih berpengalaman dari anda.

Selain itu di dalam dunia bisnis yang dinamis, kadang kala pelaku bisnis semangat nya turun karena satu hal. Mentor pun berfungsi sebagai orang yang memotivasi anda di kala semangat sedang turun. Mentor juga mendorong anda agar menjadi orang yang selalu berkembang. Karena rejeki kita pun berbanding lurus dengan pengembangan diri kita.

Dimana mendapatkan mentor bisnis


Setelah anda memahami pentingnya mentor dalam bisnis, anda tentu bertanya dimana atau bagaimana cara mendapatkan mentor bisnis

Ada dua jenis mentor yaitu mentor yang berbayar ada juga mentor yang tidak berbayar. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya. Anda bisa googling sendiri mengenai mentor berbayar. Nah untuk mentor tidak berbayar, anda perlu usaha untuk mendapatkan bimbingan nya.

Salah satu caranya adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas bisnis seperti komunitas TDA. Atau dengan bergabung dengan bisnis yang jika anda bergabung sudah pasti akan di dukung oleh mentor bisnis seperti jenis bisnis network marketing atau direct selling.

Setelah anda mendapatkan kesempatan mentoring dari mentor anda, bersikaplah kooperatif. Curi ilmu sebanyak-banyak nya dan lakukan. Jangan merasa sudah tau atau sudah bisa.

Akhir kata


Bagi anda yang ingin berbisnis, tetapi masih bingung ingin bisnis apa anda bisa langsung kontak saya. Atau jika anda memiliki pertanyaan, silahkan tuliskan pertanyaan anda di kolom komentar di bawah sekarang juga.

Nah itu dia artikel pentingnya mentor di dalam sebuah bisnis. Yuk segera cari mentor bisnis agar persentase keberhasilan anda semakin meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here