4 Alasan Kenapa Pindah Dari Blogger ke WordPress

1
174
wp vs blogspot

 

Alhamdulilah akhirnya saya memutuskan juga untuk pindah rumah baru dari platform blogspot ke platform wordpress. Ini merupakan pengalaman baru saya menggunakan wordpress self hosting, jadi ada banyak sekali fitur yang baru saya lihat dan harus saya pelajari terlebih dahulu. Nah sambil saya mempelajari, saya ingin sharing apa sih yang membuat saya memutuskan untuk berpindah platform.

Seperti yang kita ketahui sebuah tindakan dilakukan dengan sebuah alasan dan alasan terbesar saya pindah platform adalah :

  • Blog di blogspot tidak sepenuhnya milik saya. 

Ini alasan terbesar saya dan mungkin juga anda mengapa harus pindah rumah ke blogspot karena sesungguhnya blog yang anda kelola adalah milik google (sebagai pemilik dari blogspot). Begini pada saat anda mendaftar di blogspot artinya anda menyetujui segala ketentuan yang google buat. Jika sewaktu-waktu anda melanggar ketentuan google, blog anda bisa kapan saja di hapus atau di tangguhkan keberadaannya. Jika blog anda sudah memiliki banyak sekali visitor pastinya sangat merugikan.

  • Google bisa kapan saja menutup layanan blogspot

Google bisa kapan saja mematikan layanan blogspot. Faktanya google pernah mematikan layanan populernya yaitu google reader padahal masih banyak masyarakat yang menggunakan layanan tersebut. Google sebagai perusahaan pastinya mencari keuntungan di setiap layanannya, mungkin saja layanan google reader di anggap kurang menguntungkan makanya di matikan.

Hal ini pun bisa terjadi dengan blogspot, apalagi tren saat ini dimana kecepatan internet negara kita sudah beralih dari masa jahiliah ke masa yang lebih modern membuat orang lebih menyukai konten video di youtube dibandingkan dengan tulisan.

  • Memiliki banyak fitur

Berbeda dengan blogspot yang fitur nya itu-itu saja, di wordpress ada banyak sekali fitur baru yang sangat berguna dan memudahkan. Hmm pantas saja wordpress di gunakan oleh banyak perusahaan di dunia. Fitur disini terdiri dari plugin dan tema, tersedia dalam versi gratis maupun berbayar.

  • Mudah di ‘utak-atik’

Di blogspot apabila anda ingin menambahkan sebuah fitur, anda harus googling mencari artikel tutorialnya, setelah itu edit file html, atau css atau java script nya. Di sini saya merasa hal tersebut tidak harus terjadi, cukup cari plugin terkait lalu instal kemudian di jalankan fitur pun di tambahkan dengan mudah.

Kesimpulan

Saya menyesal menggunakan wordpress. Menyesal kenapa tidak dimenggunakan nya dari dahulu. Selain faktor legalitas kepemilikan web, fitur-fitur yang ada di platform ini sangat memudahkan saya sehingga tidak memakan banyak waktu dan tenaga. Namun bukan berarti tidak ada kelemahan di platform ini, faktor biaya untuk wordpress self hosting dan keterbatasan fitur untuk wordpress versi free menjadikan alasan mengapa blogger pemula atau yang belum memiliki dana ekstra lebih cocok menggunakan platform blogspot.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here