Apakah Lingkungan Pergaulan Saat Ini, Membuat Anda Jauh Lebih Baik?

0
489

Anda adalah produk lingkungan


Suatu hari di tengah teriknya cahaya matahari, saat sedang berjalan menuju tempat ibadah, anda melihat sekelompok remaja umur belasan tahun sedang asyiknya menghisap rokok di depan warung bersama teman-teman nya. Asap rokok membumbung keatas seolah melambangkan nikmatnya hirupan asap yang mereka hisap dan puntung nya pun berserakan dimana-mana. Apakah menurut anda sekumpulan anak tersebut merokok karena ajaran orang tua nya? Tentu anda akan berfikir bahwa anak-anak tersebut merupakan anak yang pada mula nya bersikap baik namun terpengaruh oleh pergaulan sehingga akhirnya ikut merokok dan kecanduan.
Nah hal tersebut tidak hanya terjadi pada anak-anak usia labil, tetapi anda pun yang sudah dewasa dimata negara tidak dapat terlepas dari pengaruh lingkungan. Anda adalah produk dari lingkungan dimana anda berada. Sebagai contoh, jika anda berteman dengan seorang tukang parfum maka anda pun akan ikut menjadi wangi. Jika anda berteman dengan orang-orang beriman otomatis anda akan terdorong untuk lebih meningkatkan iman dibandingkan biasanya.
Jika anda berteman dengan preman, maka anda pun akan terdorong untuk bersikap arogan dan jahat. Bahkan burung gagak pun hanya akan terbang bersama burung gagak lainnya. Manusia hanya akan berkawan bersama manusia yang sama dengan prilakunya.

Maka bagaimanakan kiat bergaul yang baik?


Agar lingkungan pergaulan membuat anda menjadi pribadi yang lebih baik maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan, diantaranya :

Pilih teman baik yang memiliki visi jauh kedepan

Suatu hari terdapat sebuah proyek pembangunan gedung di sebuah wilayah di sudut kota Jakarta. Disana terdapat tiga orang tukang yang masing-masing memiliki cara berfikir yang berbeda. Tukang yang pertama berfikir bahwa ia merupakan seorang tukang yang sedang bekerja untuk mewujudkan mimpi orang lain tetapi digaji dengan harga murah. Sedangkan tukang yang kedua berfikir bahwa ia bekerja hanya untuk mendapatkan uang, tidak peduli bagaimana beratnya menjadi tukang. Sedangkan tukang ketiga berfikir bahwa ia sedang membangun sebuah gedung terbesar di dunia, gedung yang akan diisi oleh orang-orang hebat yang akan menggenggam dunia.
Dari ketiga tukang tersebut maka tukang yang ketigalah yang suatu hari bisa menjadi mandor atau bahkan developer yang membangun suatu gedung. Karena ia memiliki visi kedepan, pandangan yang hebat mengenai pekerjaan nya. Sedangkan tukang yang pertama dan kedua kemungkinan hanya akan menjadi tukang untuk waktu yang lama, bagaimana mereka bisa meningkatkan karir mereka jika mereka saja tidak mencintai pekerjaannya dan tidak memiliki cita-cita hebat untuk dicapai. Maka bergaulah dengan orang-orang yang memiliki visa yang jauh kedepan apapun latar belakangnya saat ini.

Selalu meminta saran dari orang yang lebih hebat dari anda

Manusia tidak luput dari masalah dan terkadang anda membutuhkan orang lain untuk dimintai saran-saran nya. Jika anda membutuhkan saran yang konstruktif maka mintalah pada orang yang minimal memiliki kualitas sama dengan anda, dan akan lebih baik lagi mintalah saran tersebut pada orang yang anda anggap lebih hebat dari anda. Jika anda meminta saran pada orang yang memiliki kualitas di bawah anda, anda hanya akan membuat masalah semakin lama untuk diselesaikan.
Sebagai ilustrasi, jika anda anak sekolah mintalah saran untuk mengerjakan PR matematika pada teman yang lebih pandai matematikanya, jangan minta saran tersebut pada teman yang kurang mengerti dengan baik pelajaran tersebut.

Akhir kata


Pengaruh dari lingkungan pertemanan sudah terbukti memberikan dampak yang besar bagi kepribadian kita. Maka mulai saat ini lihatlah baik-baik bagaimana lingkungan pertemanan anda. Jika anda berada didalam lingkungan yang tidak membuat ada maju dan justru membuat ada hanya menjadi orang yang diam di tempat saja maka beralihlah untuk berteman dengan orang-orang yang visioner. Hal tersebut tentu membuat anda akan lebih cepat berubah menjadi orang yang lebih baik. Salam persahabatan 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here