Manfaat Membaca Yang Umum Diketahui Tetapi Sering Diabaikan

0
113

Buku merupakan jendela dunia, buku adalah media paling konvensional dalam proses pembelajaran apapun itu bidang ilmu nya. Mungkin semua orang sudah tahu bahwa membaca buku memberikan banyak manfaat bagi orang yang rajin membacanya, tetapi karena tahu manfaat tersebut justru banyak orang yang tidak tertarik untuk melakukan aktifitas tersebut.

Melihat contoh orang-orang hebat di dunia yang rajin menghabiskan waktu mereka untuk membaca buku, sudah sepatutnya saya dan juga anda ikut meniru kebiasaan baik mereka. Membaca buku memberikan segudang manfaat bagi para pembaca nya, lalu apa saja sih manfaat dari membaca buku ?

1.Memperkuat dan menambah wawasan baru

Tujuan utama membaca buku adalah memperkuat atau memperdalam wawasan yang
sudah kita miliki serta  menambah wawasan baru yang sebelumnya tidak kita tahu. Isi dari buku memberikan pembahasan yang terstruktur dan kedalaman informasi yang tidak kita dapat dari mencari informasi di internet.Jika anda ingin menjadi seorang pengusaha sukses anda pasti membutuhkan keterampilan teknis dan juga keterampilan dalam memimpin. Tentu buku yang harus anda baca adalah buku tentang hal teknis bisnis dan juga keterampilan dalam memimpin karyawan anda.

Begitu juga jika seseorang ingin menjadi seorang produser di dunia musik, tentu buku yang dibaca adalah buku yang membahas tentang musik dan buku tentang teknis cara berjualan. Anda bisa mendapatkan ilmu dari orang terdekat yang mau berbagi ilmu tetapi tentu tidak akan sedetail dengan apa yang tertulis di buku bukan?

2.Melatih konsistensi

Membaca buku juga dapat melatih konsistensi, jika anda ingin cepat menyelesaikan membaca seluruh halaman dibuku maka anda pun harus konsisten untuk terus membaca buku meskipun ada merasa sedang malas. Cara agar anda menjadi pembaca yang konsisten (yang membaca buku sampai habis dalam interval waktu tertentu) adalah dengan mengetahui apa yang menjadi alasan anda untuk membaca buku tersebut.

Jika alasan anda adalah supaya dapat memperbaiki kerusakan mesin mobil secara mandiri maka bacalah buku yang terkait dengan hal tersebut sampai habis, sampai anda benar-benar sudah memahaminya.

3.Melatih kesabaran

Membaca buku sama seperti menonton sebuah film, pada saat mulai membaca apalagi jika buku yang dibaca adalah buku akademik yang penuh dengan coretan rumus dan informasi baru tentu anda akan merasa bosan karena belum mengerti apa sih yang sedang dibicarakan dalam buku tersebut. Tetapi andapun terus membaca karena ingin mendapatkan ilmu dari buku tersebut, dan cepat atau lambat apa yang anda baca di awal buku akan menjadi manfaat yang baik bagi anda. Kesabaran anda membaca membuahkan hasil yang baik bukan.

4.Rahasia orang-orang hebat

Bill Gates dan bukunya (pcmag.com)

Sudah bukan rahasia jika orang-orang hebat meluangkan banyak waktu untuk terus memperkaya pengetahuan mereka dengan meluangkan waktu untuk membaca, pada saat mereka melakukan perjalanan ke luar negeri pun mereka menyempatkan diri untuk membeli buku sebagai bahan bacaan selanjutnya.

Mereka orang yang sudah hebat selalu menyempatkan diri untuk membaca, memantaskan diri mereka untuk menjadi orang-orang yang dikenal luas akan keberhasilan nya. Ilmu yang mereka peroleh dari membaca membuat mereka memiliki koleksi buku yang banyak bahkan hampir seperti perpustakaan. Nah orang hebat saja terus menyempatkan diri untuk membaca, kenapa kita tidak? ­čÖé

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here